Manfaat Penerapan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3)

 

 

jual alat safety jakarta -Keselamatan kerja adalahsuatu program perlindungan terhadap karyawan pada ketika kerja dan berada dalam lingkungan lokasi kerja guna berupaya menangkal dan memunculkan atau bahkan menghilangkan karena terjadinya kemalangan kerja. Sedangkan kesehatan kerja adalahsuatu dunia kerja yang bebas dari penyakit jasmani dan mental.
Sayangnya, realita di lapangan mengindikasikan masih tidak sedikit perusahaan masih tak mau menerapkan SMK3. Ada beberapa dalil mengapa penerapan SMK3 di industri masih belum laksana yang diinginkan diantaranya :
• Masih kurangnya pemahaman masyarakat seringkali dan pengusaha khususnya
• Menganggap penerapan SMK3 memerlukan ongkos mahal
• Belum memprioritaskan K3
• Sumber daya insan yang terbatas
Untuk menekankan tentang pentingnya SMK3 maka pemerintah menerbitkan PP No 50 th 2012. Sesuai dengan peraturan pemerintah no 50 tahun 2012 dijelaskan sejumlah tujuan penerapan SMK3 diantaranya :
• Meningkatkan efektifitas perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja yang terencana, terukur, terstruktur, dan terintegrasi
• Mencegah dan mengurangi kemalangan kerja dan penyakit dampak kerja dengan melibatkan bagian manajemen, pekerja/buruh, dan/atau serikat pekerja/serikat buruh ; serta
• Menciptakan lokasi kerja yang aman, nyaman, dan efektif guna mendorong produktivitas
Secara umum guna penerapan SMK3 di perusahaan dipecah kepada 4 point urgen yaitu
1. Melindungi pekerja
Tujuan utama penerapan SMK3 yaitu mengayomi pekerja dari segala macam bahaya kerja serta yang dapat menganggu kesehatan ketika kerja. Dengan mengayomi pekerja dengan SMK3 maka perusahaan otomatis bakal untung sebab meningkatkan produktivitas pekerja
2. Mematuhi peraturan pemerintah
Dengan merealisasikan SMK3 maka perusahaan sudah mematuhi peraturan pemerintah Indonesia. Perusahaan yang tidak mengemban SMK3 akan diserahkan sangsi oleh pemerintah karena dirasakan lalai dalam mengayomi pekerja.
3. Meningkatkan keyakinan konsumen
Dengan merealisasikan SMK3 secara otomatis bakal membuat keyakinan konsumen. Ketika perusahaan sudah mengaplikasikan SMK3 dalam memproduksi sebuah produk, konsumen dapat meyakini formalitas telah bagus dan produksi dapat kontinu. Dengan merealisasikan SMK3 akan memastikan sistem yang aman, tertata dan bersih sehingga dapat menaikkan kualitas dan meminimalisir produk cacat.
4. Membuat sistem manajemen efektif
Penerapan SMK3 tidak jauh lain dengan ISO di mana seluruh tindakan terdokumentasi dengan baik, dengan adanya dokumen yang menyeluruh memudahkan mengerjakan tindakan perbaikan bila ada alur kerja yang tidak sesuai.

Leave a Comment